Sabtu, 07 Juli 2012

Wolfmother format baru, atau ini bukti bahwa band ini sepenuhnya project ego sang pionir Andrew Stockdale?

Siapa tak kenal band neo-psikedelik asal Australia, Wolfmother. Disebut-sebut band ini adalah Led Zeppelin masa kini. Sudah sekitar 12 tahun hadir di belantika musik dunia. Dengan ciri khas vokal Andrew Stockdale yang melengking serta riff-riff gitar yang tidak kalah melengkingnya.

Saya menyukai band ini sejak 2004an. Dan saya mengikuti band ini cukup baik. Berjalannya waktu dengan berbagai kesuksesan yang mereka raih, banyak juga hambatan di dalam internal band ini. Sering berganti personil sebanyak 4 kali. 


Semua orang yang tau band ini mungkin lebih hafal formasi awal saat mereka baru muncul di tahun 2000. Dengan frontman-nya Andrew Stockdale (Vocal) didukung 2 personil lain, Chris Ross (Bassis) dan Mules Heskett. Inilah formasi yang menggebrak musik dunia di tahun 2003an. Selama 8 tahun band ini hanya menghasilkan beberapa EP dan 1 full album album self-titled yang cukup jadi sorotan. 



Wolfmother Full Album 2005

Sayang, di tahun 2008, formasi trio ini pecah. Chris dan Myles meninggalkan band yang sudah didukungnya selama 8 tahun. 2 personil awal ini akhirnya meninggalkan Andrew Stockdale sendirian. Alasan yang beredar karena Andrew tidak sejalan lagi dengan 2 personil ini. 

Walaupun sendiri di dalam band, Andrew melanjutkan Wolfmother dengan mencari beberapa personil baru. Di tahun 2009 masuklah Ian Peres (Bassis), Aidan Nemeth (Gitaris) dan Dave Atkins (Drummer). Dan menelurkan 1 album "Cosmic Egg" pada tahun 2009. Namun formasi ini pun tidak bertahan lama, karena Dave Atkins sang drummer meninggalkan band saat band tengah tur di tahun 2010 dan diganti oleh drummer asal Amerika, Will Scott.

Cosmic Egg 2009


Setelah masa tur di tahun 2010-2011 akhir, tiba-tiba di awal 2012 berita lain muncul. Aidan dan Will memutuskan meninggalkan Wolfmother dan mereka berdua kembali ke Amerika. Muncul berita bahwa mereka keluar karena sikap diktator Andrew.

Berita mengejutkan lainnya di tahun yang sama dan hampir di waktu yang bersamaan, 2 band asal Australia mengumumkan keretakan dan bubarnya band mereka. JET mengumumkan membubarkan diri sementara The Vines mengatakan 2 personilnya meninggalkan band.

Secara mengejutkan di awal tur Wolfmother tahun 2012 salah satu personil The Vines yang memutuskan hengkang dari bandnya, Hamis Rosser  mengisi kekosongan drummer di Wolfmother. Dan  diumumkan di beberapa forum Wolfmother, sementara ini Vin Steele mengisi posisis gitaris dan Elliott Hammond pada perkusi dan harmonika.


Setelah dilihat dari susunan personil, rasa-rasanya musik Wolfmother akan berubah cukup jauh. Kabarnya lagi, beberapa bulan lalu, Interscope dan Modular tidak mau merilis ketiga mereka, karena materinya dianggap tidak cukup bagus. Tapi Andrew sendiri ingin sekali album ketiga mereka rilis akhir tahun ini juga. Di beberapa tur mereka sudah memainkan lagu barunya, "Keep Moving" dan "Long Way To Go"

Wolfmother - Keep Moving


Wolfmother - Long Way To Go



Kita nantikan saja bagaimana musik Wolfmother dengan formasi berlimanya ini!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar